Si Ucon

Apa Perbedaan Antara Prosesor Qualcomm Snapdragon 200, 400, 600, & 800?

Si Ucon | Apa Perbedaan Antara Prosesor Qualcomm Snapdragon 200, 400, 600, & 800? - Qualcomm adalah pembuat prosesor smartphone paling terkenal di dunia. Ada kemungkinan besar bahwa ponsel cerdas Anda menjalankan prosesor Qualcomm; umumnya dikenal sebagai Snapdragon SoC.

Apa Perbedaan Antara Prosesor Qualcomm Snapdragon 200, 400, 600, & 800

Apa itu SoC?

SoC adalah singkatan dari System on Chip dan merumahkan semua komponen utama seperti CPU (Central Processing Unit), GPU (Graphics Processing Unit), Modem, dll.

Qualcomm membuat prosesor yang berbeda untuk rentang telepon yang berbeda. “Setiap tingkatan prosesor Snapdragon dirancang untuk memberikan pengguna daya keseimbangan dan efisiensi yang sempurna. Hasilnya adalah spektrum luas teknologi seluler yang cukup inovatif untuk mengusung nama Snapdragon, ”kata Qualcomm.

Seri Qualcomm Snapdragon 200

Seri 200 digunakan untuk smartphone kelas bawah. Ponsel ini memiliki spesifikasi minimum yang diperlukan untuk menjalankan perangkat, misalnya - 4GB ROM, 1 GB RAM.

“Prosesor seri Snapdragon 200 dibuat untuk memungkinkan navigasi yang lancar dan beralih antar aplikasi sambil mendukung visual HD yang semarak dan audio multichannel premium,” jelas Qualcomm.

Berkat invasi OEM Cina, kami mendapatkan perangkat mid-range dengan harga perangkat entry-level. Akibatnya, prosesor dari seri ini sangat sulit ditemukan hari ini; dengan Nokia 2 menjadi pengecualian terbaru.

Seri Qualcomm Snapdragon 400

Ditemukan di perangkat entry-level, seri Snapdragon 400 terutama digunakan untuk smartphone dan jam tangan pintar.

Snapdragon 410 adalah SoC seluler 64-bit pertama Qualcomm dan dilengkapi GPU Adreno 306, Cat 4 4G LTE, dan kamera hingga 13MP. Perangkat saya sebelumnya yaitu Motorola Moto G 3 memiliki prosesor 410 dan bekerja dengan lancar selama lebih dari 2 tahun.
 
Snapdragon 450 menjadi yang terbaru dalam seri ini menawarkan banyak perbaikan seperti GPU Adreno 506, modem Sel X9 LTE, pengambilan video full HD @ 60 fps, dll.

Qualcomm Snapdragon 600 Series

Seri 600 ditemukan di smartphone kelas menengah dan memberikan pengalaman yang mulus.

“Menawarkan pengalaman pengguna ponsel yang luar biasa mulai dari pengambilan dan pemutaran video 4K Ultra HD, kamera canggih, audio multichannel dan opsi konektivitas yang diperluas, prosesor seri Snapdragon 600 sangat cocok untuk smartphone dan tablet yang kuat dan dirancang dengan indah,” jelas Qualcomm.

615 adalah SoC octa-core pertama Qualcomm. Pada 2017, Qualcomm mengumumkan SoC terbaru dalam seri ini - 660.

660 menawarkan kinerja grafis hingga 30% lebih tinggi dan dua kali kecepatan downlink LTE dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Ia memiliki CPU Kryo 260 octa-core, Adreno 512 GPU dan Qualcomm's X12 LTE Modem.

Qualcomm Snapdragon 800 Series

800 adalah produk tingkat atas dari Qualcomm dan menawarkan kemampuan pemrosesan terbaik untuk smartphone. Ini adalah yang digunakan OEM dalam produk andalan mereka.

“Dirancang untuk memungkinkan pengalaman pengguna seluler tingkat premium, prosesor seri Snapdragon 800 memperluas kemungkinan komputasi yang terhubung dan memberdayakan produsen untuk menghadirkan pengalaman seluler terkemuka,” jelas Qualcomm.

Qualcomm Snapdragon 835 adalah prosesor terbaru dalam seri yang sedang digunakan di banyak flagships saat ini dan menawarkan banyak fitur luar biasa seperti dukungan RAM LPDDR4, HDMI 2.0, Bluetooth 5.0, Qualcomm quick charge 4, dll.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *