Si Ucon

5 Cara Cek Aplikasi Palsu di Google Play Store

Si Ucon | Cara Cek Aplikasi Palsu di Google Play Store - Pada artikel kali ini saya akan memberikan tips bermanfaat yang dapat digunakan pengguna android untuk mengidentifikasi dan mengetahui aplikasi palsu di Google Play Store. Aplikasi Android palsu di Play Store memang benar adanya.

Cara Cek Aplikasi Palsu di Google Play Store

Orang-orang membuat Aplikasi Cloning yang dirancang agar terlihat persis seperti aplikasi populer, biasanya menggunakan ikon dan nama yang sama, untuk mengelabui pengguna agar mengunduhnya. Setelah itu, mereka membombardir perangkat dengan iklan (atau lebih buruk lagi, malware).

Versi palsu WhatsApp diunduh oleh lebih dari satu juta orang tahun lalu. Baru minggu ini komunitas Reddit / r / android menemukan versi palsu dari Aplikasi keyboard SwiftKey yang populer dan Aplikasi VLC yang banyak iklan di Play Store.

Contoh Aplikasi Whatsapp palsu diunduh lebih dari sejuta kali sebelum Google menghapusnya dari Play Store. Mengapa demikian? karena sangat mirip dengan Aplikasi WhatsApp yang asli dari Ikon, kata-kata, dan nama pengembang semuanya cukup mirip. Untuk menghindari ini, Anda dapat mengikuti tips yang saya berikan dibawah.

5 Cara Cek Aplikasi Palsu di Google Play Store

Sebagus-bagusnya Play Protect, selalu ada persentase tertentu dari aplikasi cloning yang bisa masuk ke Store. Berikut ini adalah cara mengenali dan mengetahui aplikasi palsu di Google Play Store:

Baca Juga : 4 Aplikasi Perusak Android Yang Wajib dihapus

1. Cek Hasil Pencarian

Jika Anda mencari Aplikasi di Play Store, luangkan beberapa detik untuk melihat semua daftar hasil pencarian, terutama jika Anda melihat ikon yang sama lebih dari 2 aplikasi.

Aplikasi palsu hampir selalu menggunakan ikon dari aplikasi yang mereka tiru, jadi Anda harus patut curiga jika Anda melihat ikon yang sama lebih dari sekali (dengan asumsi yang kedua bukan versi asli dari aplikasi). Ini adalah cara pertama aplikasi palsu menipu orang untuk menginstalnya.

2. Cek Nama Aplikasi dan Pengembang

Perhatikan nama aplikasi dan pengembangnya. Dalam kasus WhatsApp palsu, nama pengembangnya identik secara visual, tetapi nama aplikasi seharusnya mengibarkan bendera merah — saya tidak dapat memikirkan satu kali pun aplikasi yang sah menambahkan kata "Perbarui" ke namanya. .

Aplikasi SwiftKey palsu yang baru saja mendarat disebut "Swift Keyboard" - sesuatu yang pengguna tidak terbiasa dengan SwiftKey dapat dengan mudah keliru untuk aplikasi yang sebenarnya. Tetapi nama pengembangnya adalah "Designer Superman" - indikator yang jelas bahwa ada sesuatu yang tidak beres karena SwiftKey dikembangkan oleh perusahaan dengan nama yang sama (dan dimiliki oleh Microsoft).

3. Cek Jumlah Download

Jika Anda mengunduh aplikasi populer, selalu perhatikan nomor unduhannya. Katakanlah Anda memasang aplikasi Facebook — salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh di Google Play dengan lebih dari satu miliar pemasangan pada saat penulisan.

4. Baca Deskripsi dan Lihat Screenshotnya

Ini merupakan langkah penting. Jika semuanya terlihat cukup dekat, deskripsi sering kali menjadi hal yang memberikannya. Jika kata-kata tersebut kelihatannya off (berpikir seperti bot) atau ditulis dalam bahasa Inggris yang rusak, itu akan menaikkan bendera merah.

Sebagian besar pengembang yang sah melakukan pekerjaan yang baik dalam menyediakan komunikasi yang jelas tentang apa yang dilakukan aplikasi mereka. Sebagian besar menggunakan format yang baik dan bersih dalam cantuman. Sekali lagi, jika sesuatu terasa aneh di sini, mungkin itu.

Ini juga berlaku untuk gambar karena tangkapan layar palsu akan berbeda dari yang asli.

5. Baca Ulasan

Setelah Anda melihat semua detail, luangkan waktu membaca beberapa ulasan. Aplikasi palsu sering kali memiliki ulasan palsu, tetapi ada juga kemungkinan ulasan sah dari pengguna yang menyadari bahwa aplikasi itu palsu setelah memasangnya. Skim cepat biasanya hanya akan diperlukan — cari ulasan negatif dan lihat apa masalahnya. Jika itu palsu, semoga seseorang telah menyebutkannya di ulasan.

Sekarang Anda tahu cara mengidentifikasi aplikasi palsu dari Google PlayStore. Jika Anda menemukannya, jangan lupa untuk melaporkannya. Berikan komentar jika ada pertanyaan.

Oke, Demikianlah artikel kali ini mengenai Cara Cek Aplikasi Palsu di Google Play Store. Terimakasih dan Semoga Bermanfaat.

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *